Pages

Thursday, August 29, 2019

Macam-Macam Jaringan


Networking merupakan praktek menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer yang bertujuan unntuk berbagi data (sharing) atau berbagi manfaat lainnya (resource). Jaringan atau networking dibangun dengan menggunakan perangkat keras komputer (hardware) dan perangkat lunak komputer (software). Hardware atau perangkat keras yang sering digunakan pada jaringan diantaranya yaitu router, switch, access point, NIC (Network Interface Card).

Router merupakan alat yang digunakan untuk mengirim paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, alat ini sangat penting untuk meneruskan jaringan satu ke jaringan lain yang berbeda kelas/subnet/ip melalui sebuah proses yang dikenal routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Switch merupakan perangkat jaringan komputer yang bekerja di OSI Layer 2, Data Link Layer. Switch berfungsi sebagai  penyambung atau concentrator. Switch mengenal MAC Adressing sehingga dapat memilah paket data mana yang akan diteruskan. Switch biasanya membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Access point merupakan perangkat yang digunakan sebagai pembuat koneksi wireless pada jaringan komputer. Fungsinya membuat jaringan komputer tanpa kabel, atau biasa disebut WI-FI (Wireless Fidelity).

NIC atau Network Interface Card merupakan sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan/penghubung dari komputer ke sebuah jaringan. Cara kerja NIC adalah untuk mengubah aliran data pararel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan diatas media jaringan.

Jaringan berdasarkan area cakupannya dibagi menjadi 3, yaitu LAN, MAN,WAN.
LAN, Local Area Network merupakan suatu jenis jarinagn komputer dengan cakupan wilayah local.
MAN, Metropolitan Area Network merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari jenis jarinngan komputer LAN, disebut metropolitan area network karena jenis jaringan komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghbungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Contohnya seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall modern yang saling berhubungan antar kota.

WAN, Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik dan digunakan untuk menghubungkan jaringan local yang satu dengan jaringan local lainnya, sehingga pengguna atau komputer dilokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain. WAN juga sering disebut jaringan INTERNET seperti saat ini.

Media jaringan/media networking merupakan media yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain sehingga antara komputer dapat melakukan pertukaran informasi, media-media itu diantaranya:
1.      Kabel yang terdiri dari kabel UPT (Unshielded Twisted Pair), kabel STP (Shielded Twisted Pair), kabel coaxial, kabel fiber optic.
2.      Konektor yang terdiri RJ-45, BNC, TBNC.
3.      Terminal yang terdiri dari Hub, switch.
4.      NIC  (Network Interface Card).

Protokol merupakan sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antar dua atau lebih komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan terendah, protocol akan mendefinisikan koneksi perangkat keras. Prinsip dalam membuat protocol ada tiga hal yang harus dipertimbangkan, yaituefektivitas, kehandalan, dan kemampuan dalam kondisi gagal di network. Protokol distandarisasi oleh bebrapa organisasi diantaranya IETF, ETSI, ITU, dan ANSI. Fungsi protocol yaitu melakukan deteksi adanya koneksi fisik atau ada tidaknya komputer, melakukan metode “jabat-tangan” (handshaking), negosiasi bebagai macam karakteristik hubungan, bagaimana mengawali dan mengakhiri suatu pesan, bagaiman format pesan yang digunakan, yang harus dilakukan saat terjadi kerusakan pesan atau pesan yang tidak sempurna, mendeteksi krugian pada hubungan jaringan dan langkah-langkah yang dilakukan selanjutnya, dan mengakhiri suatu koneksi.

No comments:

Post a Comment